5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Yogya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pesona Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Di sini Anda bisa menemukan keunikan dan kekayaan budayanya. Selain itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan tersebut juga memiliki keindahan alam yang memikat serta kehidupan masyarakat lokal yang unik. Di Yogya, Anda dapat menjumpai dua landmark yang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, yakni Borobudur dan Prambanan. Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia. Sementara Candi Prambanan adalah candi Hindu termegah yang ada di Indonesia, merupakan yang terbesar pula di kawasan Asia Tenggara. Tak kurang pula bila Anda mengeksplorasi keindahan alam wisata Gunungkidul hingga pesona wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi yang menawan. Seiring menjamurnya hotel murah di Yogya, banyak pula wisata tersembunyi Yogyakarta yang bermunculan. Jika Anda bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik lainnya.

Puncak Suroloyo

Negri-di-atas-awan-kulon-progo
Untuk pemburu matahari terbit Anda bisa menikmati keindahan sunrise ini di Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY, ini menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang tak kalah keren dari gunung-gunung yang ada di Yogyakarta. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, di sini Anda bisa memandang empat gunung yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro, serta Candi Borobudur yang terkadang tertutup kabut dari kejauhan. Untuk menikmati pemandangan indah di Puncak Suroloyu Anda harus menapaki sekitar 290 anak tangga untuk sampai ke puncaknya. Menurut legenda, tempat ini dulunya merupakan lokasi di mana Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit untuk melakukan tapa kesatriyan. Raden Mas Rangsang tak lain adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma, orang yang menjadi penguasa tanah Jawa. Tersedia beberapa aneka hotel murah di Yogya untuk mencapai puncak Suroloyo ini.

Kalibiru

10562646_10201559251863594_6886949564300859013_o
Di sini Anda bisa menikmati indahnya pantulan senja dari permukaan Waduk Sermo di Kalibiru. Masih di kawasan Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, tempat indah satu ini sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya senja. Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik. Di tempat ini, Anda bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Ada tempat yang asyik buat berfoto dan berselfie di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, Anda harus menaiki tangga bambu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.

Museum Sisa Hartaku

img_20121102204312_5093cdf0dcded
Tragedi erupsi Merapi pada akhir 2010 lalu masih menyisakan kenangan pilu di benak penduduk Desa Kepuharjo yang terletak di lereng gunung berapi paling aktif ini. Tapi, alih-alih terus meratapi kenangan pilu, Pak Riyanto mengubah sisa-sisa harta bendanya menjadi sebuah museum mungil yang menarik. Museum Sisa Hartaku memamerkan benda-benda yang tersisa dari dahsyatnya wedhus gembel yang ditata di puing-puing rumah Pak Riyanto. Meski sederhana, tempat ini sarat makna, yakni memamerkan saksi-saksi kedahsyatan semburan awan panas yang panasnya mencapai ribuan derajat. Ada bangkai sapi yang tinggal belulang, bangkai sepeda motor, gamelan yang tampak terbakar, serta sejumlah perkakas lainnya.

Goa Jomblang

Gua-Jomblang
Jika Anda penikmat wisata Goa, Anda wajib mengunjungi Goa Jomblang. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal yang menyimpan keunikan yang tidak biasanya. Untuk mencapai dasar goa Anda harus menggunakan peralatan khusus yang standar keamanannya terjaga dan didampingi oleh pemandu. Biaya wisata ke Goa Jomblang cukup mahal, sekitar Rp 450.000,00 untuk 2 orang. Bagi yang enggan mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat atau sudah punya alat sendiri, ada baiknya kamu melancarkan teknik single rope dulu sebelum berkunjung ke sini. Sebab turunan yang harus kamu lalui untuk masuk ke gua cukup ekstrim. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga kamu bisa melihat cahaya yang indah. Di dalam goa ini juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan goa ini.

Parangkusumo

medium_20141014071539.387-Serunya-Meluncur-di-Atas-Papan-Memacu-Adrenalin-3
Meluncur dengan snowboard mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan sandboarding? Ya meluncur di atas gumuk pasir. Yogya punya wilayah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga sandboarding. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Di gumuk pasir ini, kamu bisa menjajal serunya menuruni bukit dengan papan luncur. Jangan mengira ini mudah lho. Kamu harus bisa menjaga keseimbangan kalo tidak mau tergelincir dan terjatuh. Gumuk pasir ini aman dimainkan oleh pemula.

Nah, 5 destinasi wisata populer lainnya di Yogya ini bisa jadi rekomendasi Anda untuk jalan-jalan di Yogya selanjutnya. Tersedia banyak pilihan hotel murah di Yogya yang dekat dengan tempat wisata ini. Hotel murah di Yogya ini bisa Anda cari secara online, atau cari pilihan hotel murah di Yogya di klikntrip-travel.website/wp. (FNF/Admin)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply