Batam, Wisata Pintu Gerbangnya Singapura

Siapa yang tidak kenal Batam, kota eksotis satu ini sangat wajib Anda kunjungi sebelum menyeberang ke Singapura. Ya, Batam memang pintu gerbang menuju Singapura. Jika liburan kali ini Anda berencana menghabiskan waktu ke Singapura, jangan lupa sisihkan waktu sejenak mengelilingi kota Batam nan indah ini. Batam terkenal akan keindahan laut dan kuliner seafoodnya. Liburan ke sini, Anda tidak akan kehabisan pilihan tempat menginap, karena hotel di Batam sangat banyak sekali, dari yang menawarkan pemandangan khas laut, kota, hingga pemandangan kota Singapura dari Batam. Nah, ada wisata apa saja di Batam yang harus Anda kunjungi?

1. Jembatan Barelang

barelang2
Ini merupakan ikon kota Batam. Seseorang dianggap belum mengunjungi Batam jika belum mengunjungi jembatan Barelang ini. Nama asli dari jembatan ini sendiri adalah Jembatan Fisabilillah, namun nama ‘Barelang’ yang merupakan singkatan dari Batam Rempang ini lebih terkenal dari nama aslinya. Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun pada era B.J. Habibie saat memimpin otorita Batam. Jembatan ini menghubungkan Batam dengan Rempang dan Galang serta beberapa pulau lainnya seperti Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko dan Pulau Galang Baru. Di sini kita bisa melihat pemandangan indah yang mengelilingi jembatan Barelang. Di sini juga disediakan spot untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan Barelang. Banyak hotel di Batam yang berdekatan dengan Jembatan Barelang ini tentunya dengan penawaran harga yang sangat menarik. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Jembatan Barelang ini dengan jarah hotel di Batam tempat Anda menginap.

2. Memorial of Galang (Museum Wisata Sejarah Kemanusiaan Galang)

Kampung-Vietnam-Vietnam-Refugee-Camp-3
Tempat wisata sejarah ini wajib dikunjungi. Dikenal sebagai ‘camp Vietnam’ pada masanya, kawasan ini dulunya merupakan camp para pengungsi asal Vietnam yang mengungsi dari negaranya akibat konflik internal di negara Vietnam. Pengungsi asal Vietnam ini tinggal di Pulau Galang dari tahun 1979 – 1996. Adanya camp pengungsian ini tak lain berkat dukungan dari UNHCR dan pemerintah Indonesia pada saat itu. Camp pengungsian ini boleh dibilang camp terbaik, karena fasilitasnya yang lengkap serta suasana pengungsian yang kondusif. Fasilitas ini terdiri dari sekolah, tempat beribadah, tempat berolahraga, rumah sakit, perdagangan, hingga makam. Setelah suasana konflik di Vietnam mereda, pada 1996, para pengungsi sedikit demi sedikit dipulangkan ke negara asalnya, sehingga kawasan ini menjadi kawasan tidak berpenghuni. Meski tidak berpenghuni, kawasan ini menjadi museum. Di sini Anda masih bisa melihat sisa-sisa peninggalan, seperti gereja, pagoda, barak pengungsi, dokumentasi foto, perahu, dan lain-lain. Tempat wisata sejarah ini terbuka untuk publik, mulai dari pukul 7.30 – 17.30. Hotel di Batam tempat Anda menginap biasanya menyediakan mobil sewa yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi Memorial of Galang ini. Memang tempatnya agak jauh dari pusat kota, tanyakan pada agen perjalanan hotel di Batam untuk menuju Memorial of Galang ini.

3. Ocarina Park

ocarina
Ocarina Park ini bisa disebut theme park yang wajib dikunjungi di Batam. Dibuka tahun 2008. Ocarina Park tidak hanya menghadirkan wahana permainan saja, melainkan pemandangan laut yang indah lengkap dengan airnya yang biru. Ocarina park menawarkan permainan yang cocok untuk keluarga, baik anak-anak maupun dewasa seperti Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Water Boom, Sepeda, Becak Mini, dan lain-lain. Harga tiket masuk disini Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk menikmati wahana permainan, dikenakan biaya Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Selain wahana permainan, setiap minggu Ocarina Park mengadakan senam pagi pada pukul 06.00 – 08.00. Ada juga karaoke gratis setiap Sabtu dan Minggu. Untuk minggu sore, ada event Kiddy Fun Day dimana anak-anak bisa belajar dan bermain bersama. Ocarina Park buka mulai pukul 09.00 – 23.00 untuk weekday dan 08.00 – 24.00 untuk weekend.

Selain 3 objek wisata di atas, Batam mempunyai wisata indah lainnya, seperti Pantai Nongsa, Pantai Melur, Pantai Marina, serta aneka wisata kuliner, Hotel di Batam dengan MICE, serta wisata belanja. Ke negara Singapura pun lebih dekat menggunakan kapal feri dan harganya pun tidak begitu mahal. Jadi, siap menikmati eksotis kota Batam? Selamat liburan! (FNF/Admin)

Voucher Hotel Batam klik www.klikntrip-travel.website/wp