Begini Cara Mengurus Visa Schengen!

schengen-visa-types

Liburan tahun ini Anda berencana ke Eropa. Voucher hotel dan reservasi penerbangan sudah di tangan Anda, tapi tahukah Anda negara Eropa bisa Anda jelajahi hanya dengan satu visa saja, yaitu visa schengen. Yap, dengan Visa Schengen Anda bisa berkeliling ke beberapa negara sekaligus dengan membawa 1 visa saja. Perjanjian Schengen berhasil merumuskan kebijakan visa secara umum untuk berbagai tujuan perjalanan internasional dalam beberapa negara, tetapi kebijakan tersebut berlaku seperti dalam 1 kawasan saja, yaitu area schengen tersebut. Nah, sebelum mencari voucher hotel menarik di negara area Schengen, ada baiknya Anda harus mengurus persyaratan agar visa Schengen Anda diterima:

1. Asuransi Perjalanan
Asuransi ini diperlukan sebagai jaminan bahwa ada yang menjamin keselamatan pendaftar visa. Mungkin untuk menghindari kerugian negara tujuan jika terjadi apa-apa pada pendaftar visa. Namun, gak ada ruginya juga ‘kan membeli jaminan ganti rugi bagi keselamatan diri kita sendiri.

2. Pas Foto
Foto yang disyaratkan adalah foto berukuran 4,5 x 3,5 cm (Warna + Background Cerah). Biasanya Anda diminta membuat foto dengan background putih. Ini syarat untuk Visa Schengen ke Swiss ya, untuk negara lain Anda perlu memastikan dengan melihat informasinya di website masing-masing kedutaan besar negara tujuan. Karena syarat ukuran pas foto biasanya berbeda-beda.

3. Paspor (Asli + Copy)
Pastikan paspor yang digunakan minimal menyisakan 6 bulan masa berlakunya.

4. Bukti Keuangan 3 Bulan Terakhir
Bukti keuangan dapat dibuktikan dalam bentuk foto copy dari rekening bank/ buku bank 3 bulan terakhir dan/ atau slip gaji 3 bulan terakhir beserta surat keterangan bekerja 5. KTP dan Kartu Keluarga / Akta Lahir (Asli + Copy)

6. Tiket Pesawat
Sebelum membuat aplikasi visa, pastikan Anda telah memiliki tiket pesawat (Pergi saja atau Pergi-Pulang) karena akan diminta sebagai bukti kesiapan berangkat. Ini merupakan syarat yang agak riskan, karena meskipun memiliki tiket pesawat, ternyata aplikasi visa kita tidak pasti diterima. Namun selama persyaratan administrasi kita lengkap, kedepannya memungkinkan visa Anda diterima.

7. Surat Undangan atau Sponsor
Surat undangan atau biasa disebut invitation letter bisa diminta pada kerabat atau kenalan Anda di negara tujuan. Surat undangan ini harus menjelaskan keperluan berkunjung, durasi acara, dan akomodasi selama di negara tujuan, dan ditanda tangani dengan menyertakan informasi kontak lengkap yang bisa dihubungi.

8. Bukti Pemesanan Hotel – Penginapan / Voucher Hotel
Bagi Anda yang memiliki itinerary sendiri dan uang cukup, tentu tidak ada persoalan dengan syarat yang satu ini. Dengan adanya berbagai website penyedia jasa pemesanan voucher hotel seperti Agoda, Booking.com, dan klikntrip-travel.website/wp, kita bisa mendapatkan dokumen bukti pemesanan voucher hotel dengan cepat dan mudah. Bagaimana dengan Anda yang tidak menginap di hotel? Anda bisa meminta kerabat Anda untuk membuat pernyataan di surat undangan bahwa mereka akan menyediakan kamar untuk menginap di rumah mereka. Atau dengan menggunakan forum traveler internasional, CouchSurfing.

9. Surat Keterangan Kerja
Ini sebenarnya tidak wajib. Namun, bagi teman-teman yang sudah bekerja bisa menyertakannya (minta ke perusahaan tempat bekerja). Tujuannya untuk meyakinkan bahwa kita niat bekerja di negara tujuan atau kita memiliki sumber kuangan bagi yang bertujuan jalan-jalan. Tidak ada salahnya kita persiapkan daripada harus menerima penolakan pengajuan visa karena hal sederhana begini.

10. Pembayaran Visa
Besarnya visa fee berbeda-beda karena mengikuti nilai mata uang. Visa fee bisa dilihat di sini. (FNF/Admin)