Nikmatnya Makanan Tradisional Khas Yogya

Kuliner Yogya kaya akan kekreatifannya dan cita rasanya yang khas ala masakan nusantara. Tak hanya terkenal dengan wisata budaya, sejarah, dan alamnya, kini kota seni satu ini juga memiliki destinasi wisata kuliner yang seru dan tak kalah enak dengan kuliner lain. Banyaknya trend hotel murah di Yogya untuk para traveler, maka banyak pula pilihan kuliner Yogya yang bisa Anda nikmati. Berikut rekomendasi makanan tradisional khas Yogya yang wajib Anda cicipi!

Gudeg

seporsi-gudeg-mbarek
Ini bisa dibilang iconnya Yogya! Makanan satu ini khas dengan cita rasanya yang gurih. Sangat sulit untuk mengatakan gudeg mana yang terenak di Yogya, karena semuanya enak! Kuliner wajib khas Yogya yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan ini memang sangat populer karena rasanya yang lezat. Ada tiga jenis gudeg, yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah adalah gudeg yang disajikan dengan kuah santan nyemek yang gurih. Sedangkan gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan dengan rasa yang lebih manis. Sementara gudeg manggar adalah terbuat dari bunga kelapa. Namun gudeg manggar ini tidak terlalu mudah ditemukan. Salah satu gudeg yang terkenal di Yogya adalah Gudeg Pawon yang dijual pada saat tengah malam.

Angkringan

Angkringan-Tugu-detik
Saat ini mungkin ada ratusan atau ribuan angkringan di kota Yogya. Namun, belum banyak yang tahu bahwa angkringan di Yogya dipelopori oleh Mbah Pairo, seorang pendatang dari Cawas, Klaten pada tahun 1950-an. Mbah Pairo datang ke Jogja untuk mengadu nasib. Usaha angkringan Mbah Pairo ini lalu diteruskan oleh Lik Man putranya di tahun 1969. Lambat laun usaha ini pun kian menjamur. Namun, tak berlebihan bila dikatakan angkringan yang paling terkenal di Jogja adalah angkringan Lik Man. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih polos yang diberi oseng tempe, oseng teri, atau sambel serta dibungkus dengan daun pisang. Tersedia juga berbagai macam sate seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan berbagai gorengan. Minumannya yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara.

Nasi Goreng Beringharjo

Sajian-Kuliner-yang-Bikin-Kamu-Kangen-Jogja-Nasi-Goreng-Beringharjo-e1429872502736
Salah satu nasi goreng legendaris di Jogja adalah Nasi Goreng Beringharjo. Nasi goreng yang dimasak dengan ayam dan babi ini sudah dijual sejak tahun 1960an. Rasanya sangat lezat karena menggunakan bumbu khusus yang sudah diracik sebelum sampai ke tempat penjualan. Aroma bawang putihnya tak terlalu kuat dengan citarasa yang tidak terlalu asin ataupun terlalu manis. Nasi goreng beringharjo ini dapat dijumpai setiap malam pukul 19.00 sampai habis di Jl. Pabringan 1, Yogyakarta.

Brongkos

brongkos-iga
Sayur brongkos atau disebut sebagai jangan brongkos dalam bahasa jawa adalah masakan sayur warisan leluhur yang masih terjaga hingga hari ini. Konon, brongkos ini pun merupakan makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X. Brongkos ini terbuat dari tahu, tempe, dan kacang tolo yang dipadukan dengan kuah santan kental dan kaldu daging segar. Kuahnya berwarna hitam karena menggunakan keluwak. Rasa manis, gurih, dan pedas berpadu dengan apik menghasilkan rasa yang sangat lezat. Brongkos yang terkenal di Jogja adalah Brongkos Bu Padmo di di Tempel, Sleman (di bawah jembatan Krasak) dan brongkos dari RM Handayani di dekat alun-alun selatan.

Sego Pecel (SGPC)

Resep-Membuat-Nasi-Pecel-Lezat
Sego Pecel atau disingkat SGPC ini artinya nasi pecel. Pecel sendiri merupakan kuliner khas Jawa Tengah dan Yogya. Sayur-sayuran seperti tauge, kangkung, bayam, kacang panjang dan lain-lain disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang. Sego pecel yang terkenal di kota Jogja adalah Sego Pecel Bu Wiryo yang dijual di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Keunggulan dari sego pecel Bu Wiryo ini adalah rasa bumbu pecelnya yang memiliki perpaduan manis dan pedas yang pas. Untuk lauknya, tersedia berbagai gorengan seperti tempe, tahu, kerupuk gendar, kerupuk aci, telor ceplok, bakwan dan lain sebagainya.

Nah, Anda ingin mencicipi kuliner tradisional khas Yogya di atas? Travelers, jangan lupa cari kawasan hotel murah di Yogya yang dekat dengan wisata kulinernya. Banyak pilihan hotel murah di Yogya yang menawarkan kuliner tradisional khasnya. Beberapa hotel murah di Yogya bisa Anda booking secara online, klikntrip-travel.website/wp juga menyediakan aneka pilihan hotel murah di Yogya untuk liburan Anda!(FNF/Admin)