Shibuya, Pusat Gaul di Jepang

Jika Anda seorang shopaholic yang juga suka mengikuti perkembangan fashion terkini, ada satu tempat yang wajib dikunjungi saat Anda tour ke Jepang. Tempat tersebut adalah Shibuya, sebuah distrik khusus yang terletak di Prefektur Tokyo, dan sudah selama kurang lebih 30 tahun ini dikenal sebagai salah satu kiblat fashion di Jepang sekaligus pusat hiburan malam. Tentunya ini akan menjadi agenda tour ke Jepang Anda yang menyenangkan!

Shibuya

Bicara tentang Shibuya ada dua hal yang menjadi pembicaraan, yakni, pertama, Shibuya merujuk pada nama sebuah distrik yang berarti menyangkut luas wilayah dan populasi yang terdapat didalamnya. Kedua, menyebut Shibuya bisa juga merujuk pada distrik komersial yang mengelilingi Stasiun Shibuya, yang merupakan salah satu jalur kereta api tersibuk di Tokyo.

Distrik komersial ini terdiri dari bemacam fungsi dan fasilitas, rasanya tidak ada yang tidak bisa Anda temukan saat tour ke Jepang, khususnya di Shibuya ini. Mulai dari aneka pusat perbelanjaan, bermacam toko retail, makanan dan minuman, club malam, bahkan museum juga terdapat disini.

Girls-Generation-Shibuya-109-Christmas-002-G3060

Kawasan Shibuya ini, dekat dengan Kuil Meiji yang damai. Perlu Anda ketahui saat tour ke Jepang, Shibuya ini dekat juga dengan kawasan Harajuku dan Aoyama yang modis seperti yang Anda lihat di media mengenai Jepang. Shibuya mungkin impian Anda saat tour ke Jepang. Karena Shibuya adalah surganya berbelanja dan hiburan yang populer, terutama bagi anak-anak muda. Shibuya merupakan pusat perkembangan trend, dari sini budaya anak-anak muda terus menerus disebarkan. Jelas sekali bahwa Shibuya merupakan pusat kegiatan seni dan fashion internasional. Melihat-lihat orang yang lalu-lalang dari cafe di tepi jalan sangatlah menarik dan menyenangkan.

Cara termudah untuk mencapai Shibuya adalah dengan menggunakan kereta api, subway, maupun berjalan kaki dari Harajuku dan Omotesando. Jika menggunakan kereta api maupun subway, Anda dapat memilih bermacam variasi jalur kereta sesuai dengan stasiun keberangkatan Anda. Pintu keluar dari Stasiun Shibuya sangat banyak, namun yang paling mudah diakses (dan paling mudah untuk mendapatkan orientasi arah) adalah melalui Hachiko Gate/Hachiko Exit yang langsung berhadapan dengan Hachiko Square.

hachiko

Nama Hachiko ini diambil dari patung Hachiko yang berdiri di depan pintu stasiun. Anda yang suka menonton film mungkin cukup familiar dengan nama Hachiko. Hachiko sendiri memang diambil dari nama seekor anjing yang terkenal karena kesetiaannya menunggu majikannya di depan Stasiun Shibuya sepanjang tahun 1923 – 1935. Kisah tentang Hachiko sendiri sudah banyak diadaptasi ke berbagai drama televisi hingga layar lebar, dan termasuk salah satu cerita favorit yang selalu mengiringi setiap deskripsi tentang Shibuya.

Hachiko Square sendiri dikenal sebagai salah satu meeting point favorit di Shibuya. Jadi, jika Anda keluar dari Hachiko Gate, Anda dapat dengan mudah menemukan anak-anak muda yang sedang hang out dan mengenakan beragam gaya fashion, mulai dari yang bergaya trendi, punk, street style, hingga berdandan ala Gothic Lolita. Dari Hachiko Square, Anda pun dapat langsung melihat jalur zebra cross simpang 5 yang terkenal dan selalu dipadati oleh pejalan kaki.

7420992638_12c5cf57a6_b

Jalur zebra cross ini dikelilingi oleh berbagai big screen yang menayangkan bermacam acara, umumnya informasi launching album terbaru, video clip artis tertentu, dan informasi yang berkaitan dengan musik dan komersial. Berbagai gedung ternama pun dapat dilihat langsung dari Hachiko Square, mulai dari pusat perbelanjaan ternama Shibuya 109, Q-Front (dimana terdapat Starbucks dan video screen berukuran super besar), dan masih banyak lagi.

Shibuya 109, atau biasa disebut dengan ichi-maru-kyu (merujuk pada penyebutan 1-0-9 dalam bahasa Jepang) merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi jika berada di Shibuya, terutama jika Anda wanita muda yang hobi berbelanja. Shibuya 109 yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini memang menyediakan beragam fashion terkini (mayoritas untuk wanita), dan sudah lama dianggap sebagai kiblatnya trend fashion bagi para kogal Shibuya.

shibuya-crossing

Kogal sendiri merupakan kependekan dari “koukousei gyaru”, sebutan bagi pelajar SMU putri (koukousei = SMU, gyaru = gals, perempuan) yang trendi dan gaul dan memiliki budaya fashion sendiri. Jadi jika Anda ingin mengintip trend fashion terbaru di Shibuya, jangan lewatkan untuk mampir ke Shibuya 109.

Selain Shibuya 109, masih banyak yang dapat Anda temukan di Shibuya. Disini Anda dapat dengan mudah menemukan beragam toko yang menjual CD musik (baru maupun bekas), toko buku dan majalah, toko fashion retail maupun departemen store, dan sebagainya. Terkadang toko-toko tersebut menggelar sale tertentu yang menggelitik rasa penasaran untuk masuk dan melihat-lihat.

Cobalah untuk berjalan santai menyusuri jalanan di Shibuya yang nyaman karena mayoritas memang diperuntukkan untuk pejalan kaki, sambil melihat-lihat ke sekitar Anda. Siapa tahu Anda akan menemukan harta karun yang paling sesuai untuk Anda.

Selain toko fashion, di Shibuya Anda pun dapat dengan mudah melihat sebuah pemandangan yang khas. Beragam container terlihat hilir mudik sambil mengiklankan launching single maupun album terbaru dari artis tertentu. Kadang satu container belum berlalu, sudah muncul container lainnya yang mengiklankan artis lain.

7038918973_5376f762ef_b

Iklan berjalan tersebut juga didukung dengan pemutaran video clip maupun iklan komersial dari artis tersebut yang ditayangkan di berbagai layar berukuran raksasa pada gedung-gedung tinggi, yang menambah semarak suasana hangout di Shibuya. Sungguh sebuah pemandangan khas dan mungkin akan sulit ditemukan di tempat lain.

Berjalan-jalan di Shibuya saat tour ke Jepang memang mengasyikkan dan membuat lupa waktu. Namun bagi Anda yang tidak bisa berbahasa Jepang pada tour ke Jepang, ada sebuah tips agar jalan-jalan Anda berjalan lancar menyenangkan. Mengingat jalanan di Shibuya cukup ramai dan beberapa blok terlihat mirip, tak ada salahnya jika Anda membekali diri dengan peta yang dapat Anda baca dan pahami.

Peta akan membantu Anda menghindari kesulitan untuk bertanya arah seandainya tersesat, karena tidak semua yang ada di Shibuya dapat berbicara dalam bahasa Inggris. Selamat liburan! (FNF/Admin)